Hari ini Rencananya Diresmikan Presiden Jokowi Secara Virtual, Ini Tiga Keuntungan yang Didapat Riau dari Tol Pekanbaru-Dumai 

Hari ini Rencananya Diresmikan Presiden Jokowi Secara Virtual, Ini Tiga Keuntungan yang Didapat Riau dari Tol Pekanbaru-Dumai 
Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai di Kota Dumai./Sumber Foto: Dok Hutama Karya

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- PT Hutama Karya mengkonfirmasi rencana peresmian Tol Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020).

Rencananya, peresmian akan dilakukan Presiden Joko Widodo secara virtual.

Langkah maju itu disampaikan Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan, Kamis (24/9/2020) melalui siaran pers resmi perusahaan. 

"Tepatnya besok Jumat [25/9/2020] jalan tol pertama di Provinsi Riau ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo secara virtual," kata dia dilansir dari bisnis.com. 

Sebelum diresmikan, Fauzan juga menjelaskan kalau pihaknya sudah mengantongi Sertifikat Laik Operasional  untuk ruas tol sepanjang 131 kilometer itu. 

Hutama Karya sudah melaksanakan serangkaian prosedur seperti uji layak fungsi atau ULF yang merupakan tahap penentuan sebuah jalan tol apakah layak untuk dioperasikan atau tidak.

Tol Pekanbaru – Dumai seksi 1 telah melewati masa ULF dan telah dibuka secara fungsional pada periode Lebaran 2020 lalu. Menyusul seksi 1, seksi tol lainnya yakni dari seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utara – Dumai) kembali dilakukan serangkaian ULF pada bulan Juli lalu.

Tol Pekanbaru – Dumai terdiri dari 6 (enam) seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru - Minas) sepanjang 9,5 KM , seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) sepanjang 24,1 KM, seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) sepanjang 16,9 KM, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 KM, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25,05 KM.

Tol ini juga akan dilengkapi dengan 7 (tujuh) Gerbang Tol dan 5 (lima) pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. TIP akan terbagi menjadi 2 (dua) tipe yakni Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82, sedangkan Tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru).


3 Keuntungan  dari Beroperasinya  Tol Pekanbaru-Dumai

Dalam siaran persnya, Fauzan juga menambahkan,  keberadaan Tol Pekanbaru – Dumai tak hanya akan membuka konektivitas baru dari Kota Pekanbaru ke Kota Dumai, namun nantinya juga akan mendongkrak perekonomian daerah setempat. 

“Tol Pekanbaru – Dumai akan menghubungkan berbagai kawasan produktif, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, memangkas jarak tempuh, biaya logistik dan tentunya menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.” ungkap Fauzan.

Dengan beroperasinya Tol Pekanbaru Dumai, Kota Pekanbaru ke Kota Dumai diperkirakan  akan bisa ditempuh dalam 1,5-2 jam perjalanan. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index